MAHASISWA PENS PROGRAM VOKASI DI PT KARYA ENERGI SEMESTA KEMBANGKAN SOLAR CELL TRACKER

Indonesia sebagai negeri yang sangat melimpah kekayaan energi dan sumber daya alamnya termasuk Energi Matahari, maka tidak salah jika pemanfaatan energi matahari sebagai energi alternatif pun semakin digalakkan oleh Pemerintah. Namun yang menjadi permasalahan jika pemanfaaatannya tidak maksimal karena salah satu perangkat utama yaitu Solar Cell (Panel Surya) tidak mendapatkan secara optimal energi matahari.

Disamping memang Solar Cell bersifat statis, salah setting arahnya juga dapat menyebabkan tidak optimalnya energi yang diserap.

Fenomena inilah yang diangkat oleh adik-adik kita mahasiwa dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya atau dikenal dengan nama PENS untuk dijadikan dasar analisa dan pengembangan Solar Cell Tracker.

Solar Cell Tracker adalah suatu piranti yang membantu Solar Cell sendiri untuk bergerak otomatis mengikuti arah dan pergerakan matahari. Tujuannya untuk mendapatkan energi dari matahari secara optimal. Dikerjakan oleh 3 orang Mahasiswa PENS diantaranya Meilisa Rofiko (1110161024), M. Fikri Nurdin C (1110161027) dan Zafirah Nurul A (1110161029).

Didukung dan dibimbing penuh oleh Staff Ahli dari PT. Karya Energi Semesta yang memang salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Renewable Energi (Energi Terbarukan) khususnya pemanfaatan energi matahari.

Dan hasilnya sangat memuaskan, Solar Cell Tracker mampu secara otomatis mencari dan bergerak sesuai pergerakan dan arah matahari. Sehingga energi yang di peroleh sangat optimal.

Sebagai sebuah perguruan tinggi politeknik, PENS menyelenggarakan pendidikan Vokasi / terapan yang lebih banyak berorientasi pada praktik ketimbang teori. PENS adalah satu-satunya politeknik yang mengkhususkan diri pada bidang teknik elektro.

Politeknik ini terkenal karena keunggulannya di bidang robotika terbukti dengan prestasinya dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) yang berhasil memenangkannya berturut-turut hingga 12 kali.

PT. Karya Energi Semesta sangat berkomitmen penuh mendukung salah satu program pemerintah yaitu Program Vokasi yang sudah dimulai beberapa tahun terakhir. Hal ini akan menguntungkan kedua belah pihak, dari penyedia dan pelaksana. Penyedia program ini akan sangat terbantu dengan adanya penelitian dari adik-adik kita mengenai perkembangan ilmu dan kurikulum yang di implementasikan. Sedangkan untuk Pelaksana dalam hal ini adik-adik kita yang mengikuti program vokasi akan sangat bermanfaat terhadap implementasi ilmu yang di dapat serta pengembangan skill dan kompetensi menghadapi tantangan dunia kerja secara global


Lainnya